Destinasi Bangunan Bersejarah Di Indonesia

Destinasi Bangunan Bersejarah Di Indonesia - Indonesia memiliki Bangunan bersejarah yang unik dan menarik hingga menjadi tempat wisata terkenal karena banyak wisatawan lokal maupun internasional yang tertarik untuk mengunjungi sekaligus mempelajari latar belakang dari bangunan-bangunan tersebut. Hal itu bertujuan  untuk menambah wawasan kita sebgai warga indonesia dan mengetahui lebih jelas lagi perjuangan para pahlawan kita.

Nah, pada kesempatan kali ini kami khusus mengajak Anda untuk mengenal berbagai peninggalan bersejarah yang tersebar di beberapa daerah dari sabang sampai merauke. 

Destinasi Bangunan Bersejarah Di Indonesia

Berikut ini adalah daftar Bangunan Bersejarah di Indonesia.

  1. MasJid Istiqlal
    Masjdi yang terletak di Ibu Kota Jakarta ini berdiri Kokoh di atas areal seluas 9,5 hektar dan berkapasitas hingga 8.000 orang ini merupakan hasil karya arsitek Indonesia, F Silaban. Dibangun pada masa-masa awal kemerdekaan, dan pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara sekaligus menjadi kebanggaan umat muslim Ibukota dan Indonesia.  
  2. Gedung Sate
    Gedung Sate merupakan hasil rancangan dari Ir.J.Gerber, arsitek ternama lulusan Fakultas Teknik Delf Nederland. Dibangun pada masa era kolonial Belanda dan selesai pada tahun 1924. Gedung Sate ini merupakan salah satu daya tarik yang ada di Kota Kembang.
  3. Lawang Sewu
    Lawang Sewu Bangunan yang artinya adalah “seribu pintu” ini merupakan bangunan legendaris yang berdiri kokoh di Kota Semarang, tepatnya berada di kawasan Simpang Lima, dan menjadi salah satu karya terbaik arsitek Prof. Jacob K. dan menjadi saksi sejarah Indonesia saat pecahnya perang sengit selama 5 hari di Semarang, antara Angkatan Muda Kereta Api melawan kompetai dan Kido Buati, Jepang.
  4. Istana Maimun
    Istana Maimun ini telah dinobatkan sebagai bangunan terindah yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara. Terpatnya Terletak di kawasan Jl. Brigjen Katamso, istana megah ini selesai dibangun sekitar tahun 1888 dan merupakan warisan dari Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana ini memiliki Bagian dalam yang menarik untuk disusuri.
  5. Masjid Raya Medan
  6. Mesjid Raya Medan merupakan bangunan yang menjadi jejak kejayaan Deli. Dibangun pada tahun 1906, semasa pemerintahan Sultan Makmun Al Rasyid, mesjid ini masih berfungsi seperti semula, yaitu melayani umat muslim di Medan yang ingin beribadah ini berdiri angkuh tak jauh dari keberadaan Istana Maimun.
  7. Masjid Agung Palembang
    Mesjid Agung Palembang mulai dibangun ketika Palembang dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo, tepatnya tahun 1738 hasil rancangan arsitek Eropa ini Berlokasi tak jauh dari Plaza Benteng Kuto Besak, di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Pada zamannya, mesjid ini dipercaya sebagai salah satu rumah ibadah terbesar yang pernah ada.
  8. Taman Sari
    Taman bunga yang indah. Begitulah kira-kira arti dari nama Taman Sari yang menjadi Aset Keraton Yogyakarta ini Dibangun setelah Perjanjian Giyanti pada tahun 1755,  Bangunan ini juga mencerminkan style yang multikultur (Portugis, Belanda, Cina, Jawa, Hindu, Buddha, Nasrani, dan Islam). 
  9. Tongkonan
    Tongkonan merupakan salah satu rumah adat masyarakat Tana Torja di Sulawesi Selatan bangunan ini merupakan kreasi sekelompok manusia yang masih mencintai serta menjunjung tinggi adat istiadat yang diwariskan oleh leluhurnya.
Dari sekian banyaknya bangunan bersejarah di Indonesia, Itulah 8 Bangunan Bersejarah Di Indonesia yang kami bahas pada artikel ini, semoga bermanfaat ..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghilangkan Lipoma Di Dahi

Menangani Lipoma dengan mudah dan bisa dilakukan di Rumah

Agen QnC Jelly Gamat Kalimantan